Jumat, 31 Januari 2014

Moncernya Pasar Produk Gift Kain Perca

Gift Kain Perca

Kreasi produk gift kain perca semakin hari semakin berkembang. Hal ini ditunjukkan dengan semakin sering digunakannya kain perca sebagai gift dan cendera mata. Dengan desain yang menarik, nilai jual gift kain perca tidak kalah dari produk gift impor branded. Bahkan harga gift kain perca bisa lebih mahal. Kemudian, apa saja kreasi kain perca yang diminati dan sejauh mana peluang pasarnya ?

Kreasi Kain Perca

Kain perca identik dengan sisa kain yang sudah tidak digunakan, namun dengan kreativitas kain perca masih dapat digunakan sebagai produk  yang menarik dan bermanfaat. Jika dulu, kain perca hanya digunakan sebagai produk peralatan rumah tangga seperti tutup galon, sarung bantal, bed cover, keset, dan taplak meja. Namun kini, banyak desain kreatif yang membuat produk dari kain perca semakin menarik. Seperti tempat tisu yang modelnya tidak biasa, dengan dikreasikan tambahan aplikasi karakter model kucing, ayam, kimono, atau tempat tisu gantung yang dapat diletakkan di mobil. Ada juga tas lipat yang dibuat dari kain perca dengan ukuran kecil dan apabila dibuka akan menjadi tas berukuran lebar. Banyak lagi kreasi baru gift dari kain perca yang mampu menarik perhatian pasar atau masyarakat.

Masyarakat kita sangat menghargai produk - produk kreatif yang dibuat secara handmade dan kultur masyarakat selalu harus ada tanda terima kasih atau suvenir dalam event seperti acara wisuda, pernikahan, ulang tahun, dan korporasi. Prospek bisnis gift kain perca juga akan semakin bagus dan cerah karena telah dibentuk Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, sehingga dukungan pemerintah terhadap industri kreatif akan semakin besar.

Tren

Varian produk gift yang dibuat sebaiknya cukup banyak sehingga memberikan alternatif pilihan bagi konsumen. Dan untuk meningkatkan omset, buat pula produk selain gift. Tak hanya itu, pelaku usaha juga harus mengikuti produk gift yang sedang menjadi tren pasar. Misalnya tren produk gadget semakin berkembang saat ini sehingga gift kain perca yang berguna untuk melindungi produk gadget sangat diminati, seperti softcase laptop, tablet, notebook, handphone, dan lainnya. Begitu pula gift kreasi boneka kain, gantungan kunci, tas lipat dari kain perca, tas kosmetik, tempat tisu dengan berbagai model karakter yang sedang banyak diminati oleh konsumen.

Harga Jual

Ibnu, pemilik produk gift kain perca mengatakan gantungan kunci dari perca yang berbentuk kuda, jerapah, gajah, ikan dijual dengan harga grosir Rp 5.000,- /pcs dan Rp 7.000,- /pcs untuk harga eceran. Untuk pembelian grosir minimal 50 pcs. Sedangkan untuk pouch HP dijual dengan harga grosir Rp 20.000,- /pcs dan eceran Rp 25.000,- /pcs. Ibnu mengaku ia membeli produk gift tersebut dari temannya dengan harga Rp 4.500,- /pcs lalu ia pasarkan secara online.

Berbeda dengan Cordina, selain menjual ia juga membuat produk gift kain perca sendiri. Biasanya 1 model dibuat sekitar 10 - 20 pcs atau tergantung pesanan. Menurutnya harga produk gift kain perca bisa lebih mahal hingga 3x lipat dari produk biasa karena desainnya lebih sulit dan diperlukan teknik merangkai potongan - potongan kain perca sehingga menjadi produk yang menarik. Produk varian baru dari kain perca untuk gift atau suvenir adalah perlengkapan bayi seperti sarung bantal bayi, selimut bayi dan lainnya, yang bisa digunakan sebagai kado di momen kelahiran bayi.

Kualitas

Bahan baku menentukan kualitas gift kain perca yang dihasilkan. Misalnya bahan kain perca impor seperti katun Jepang yang memiliki lebih banyak corak dan kulitas yang lebih baik dari katun lokal cocok untuk membuat gift yang menyasar kelas menengah atas dengan harga mulai dari puluhan ribu rupiah. Bahan baku kain perca juga bisa menggunakan perca katun maupun batik yang mudah dijumpai di sentra - sentra batik seperti di Yogyakarkta, Solo, dan Pekalongan. Harga bahan baku kain perca batik Rp 8.000,- / kg maupun lembara (rol). Sedangkan perca katun dapat diperoleh dari sisa konveksi pabrik.

Kualitas jahitan dan desain produk gift kain perca juga menentukan sukses tidaknya produk tersebut diterima oleh konsumen. Jika pasar produk gift adalah menengah keatas maka kreasi produk gift yang dibuat adalah limited, sehingga memberi kesan eksklusif dan harga jualnya pun menjadi lebih mahal. Gift yang ditujukan untuk pasar menengah keatas sebaiknya diberikan brand agar produk lebih dikenal. Namun jika gift yang dibuat untuk pasar menengah ke bawah, maka tidak perlu diberi brand karena nantinya produk gift tersebut akan dijual kembali oleh para reseller.

Momen

Produk gift kain perca sangat berpeluang dipasarkan pada momen - momen tertentu seperti hadiah ulang tahun, wisuda, pernikahan baik perorangan atau perusahaan, dan lainnya. Fungsi gift sebagai bingkisan atau kenang - kenangan memiliki peluang pasar yang cukup besar.

Tantangan dalam menjalankan bisnis gift kain perca adalah pelaku usaha tidak boleh kehabisan ide, daya cipta, dan tidak boleh hanya mengandalkan 1 orang desainer saja. Sebaiknya ada beberapa desainer yang memiliki spesialisasi masing - masing, misalnya untuk desain gadget, alat tulis, tas, dan lainnya. 

Sumber : Peluang Usaha



Share/Bookmark

Artikel Terkait Ide Usaha

0 comments:

Posting Komentar

 
;