Kamis, 28 November 2013

Cara Memulai Bisnis Internet

Cara Memulai Bisnis Internet
Cara memulai bisnis internet - Kemajuan tekhnologi membawa dampak besar bagi dunia yang terus berkembang. Kemajuan tekhnologi ini tidak lepas dari tujuan untuk memudahkan dan meningkatkan efisiensi pekerjaan. Salah satu kemajuan tekhnologi yang begitu pesat adalah internet.

Tidak dapat kita pungkiri bahwa internet telah menjadi hal yang tidak terpisahkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Dari kegiatan yang hanya sekedar membuka email, situs jejaring social, membaca berita, hingga untuk kepentingan mencari uang seperti bisnis internet.


Dengan internet kita mampu untuk memasarkan produk kita baik dalam negeri maupun luar negeri. Sehingga produk kita lebih cepat diketahui dan dikenal oleh masyarakat luas. Dari segi biaya memasarkan produk melalui internet juga lebih murah dan ter”target” daripada melakukan pemasaran melalui cara konvensional/offline.

Dari fakta diatas tentu ini saatnya kita untuk segera memulai bisnis internet. Nahh,,, bagaimana cara memulai bisnis internet akan diuraikan dibawah ini :

  • Menentukan ide

Bagi pemula, tahap memulai bisnis internet yang paling sulit adalah tahap pertama yaitu menentukan ide. Untuk memudahkan kita dalam menentukan ide adalah dengan mengetahui hobi kita. Diharapkan apabila topik bisnis internet berhubungan dengan hal-hal yang kita sukai maka mudah bagi kita untuk menjalankan bisnis internet tersebut.

  • Melakukan riset pasar

Melakukan riset pasar sangat kita perlukan untuk mengetahui jumlah pencari “topik”dan pesaing dari bisnis internet yang kita bangun. Untuk melakukan riset pasar kita dapat menggunakan alat dari Google Adword Keyword Tool dan mesin pencari Google. Saran saya, cari “topik” yang pencarinya banyak namun pesaingnya sedikit.

  • Menentukan produk

Ditahap ini kita menentukan produk yang akan dijual di website. Produk disini bisa dalam bentuk fisik (seperti baju, sepatu, acesoris, dsb) maupun non fisik (seperti e-book, software). Untuk produknya juga bisa produk sendiri maupun produk orang lain. Apabila kita menjualkan produk orang lain maka kita disebut sebagai affiliate.

  • Mengumpulkan konten

Setelah kita melakukan langkah 1 s/d 3, maka yang kita lakukan selanjutnya adalah mengumpulkan konten untuk mengisi website kita. Konten bisa dalam bentuk artikel, gambar, dan video. Untuk membuat konten website tidak perlu rumit atau ilmiah, yang penting menarik dan membuat orang tertarik untuk mengunjungi website kita.

  • Membuat website

Setelah mengumpulkan konten, maka tahap selanjutnya adalah membeli domain dan hosting agar menghasilkan sebuah website. Dalam dunia offline, apabila kita ingin menjual produk maka diperlukan sebuah toko. Nah,,, di dunia online yang menjadi toko kita adalah website.

  • Promosi

Setelah website telah selesai kita buat maka yang kita lakukan selanjutnya adalah melakukan promosi. Seperti di dunia offline, di dunia online kita juga perlu melakukan promosi agar website yang kita buat bisa diketahui dan dikenal oleh orang lain. Sehingga produk didalamnya dapat kita jual. Promosi dapat kita lakukan dengan cara berbayar maupun dengan cara gratis. Semakin baik promosi yang kita lakukan maka hasil yang kita peroleh pun juga semakin memuaskan.


Nahh,,, dari uraian cara memulai bisnis internet diatas semoga mudah dimengerti oleh teman-teman. Sudah siap memulai bisnis internet?? Stop dreaming, Start action,,,,


Share/Bookmark

Artikel Terkait Bisnis Online

0 comments:

Posting Komentar

 
;