Kamis, 10 Oktober 2013

Peluang Bisnis Jelang Pemilu

Peluang Bisnis Jelang Pemilu
Jelang Pemilu 2014, banyak cara dilakukan oleh para politikus untuk meraih simpati masyarakat agar bersedia memilih dirinya pada Pemilu Legislatif 2014 mendatang. Untuk menarik perhatian masyarakat di daerah pemilihan, para calon anggota legislatif (Caleg) rela merogoh kocek besar untuk memesan sejumlah atribut kampanye seperti spanduk, baliho, serta membeli segala pernak-pernik yang akan dibagikan kepada masyarakat sebagai produk promosi untuk mengenalkan diri ke publik. Kondisi ini mampu menciptakan peluang bisnis pada momen pemilihan anggota legislatif. 

Tren Produk

Biasanya produk promosi untuk Caleg sebatas pada produk-produk yang sudah umum dijumpai seperti bendera, baliho, spanduk, dan kaos partai. Seiring ketatnya persaingan usaha ini, produk promosi yang dibuat juga semakin berkembang dan mengarah ke produk fungsional. Sehingga lebih menarik konsumen khususnya kalangan Caleg yang membutuhkan atribut untuk kampanye pada Pemilu 2014 ini. Produk-produk tersebut antara lain kerudung, baju batik, mug, topi, jaket, sapu, pin, dan lain-lain.

Produk lainnya yang juga cukup inovatif dan sedang menjadi tren sebagai pilihan produk promosi Caleg adalah stiker car branding, garskin handphone hingga hang tag (label baju dari kertas). Ada pula baju muslim partai dengan desain dan warna sesuai dengan permintaan klien. Biasanya tercantum salah satu nama Caleg atau lambang partai yang dibordir dan foto Caleg.

Jalin Kerja Sama Makloon

Bagi pemula yang memiliki keterbatasan modal untuk membeli peralatan yang menunjang produksi dapat menggunakan jasa maklon atau titip produksi. Pihak maklon yang akan menjadi mitra usaha haruslah diseleksi. Pilih mitra usaha yang bisa memberikan pelayanan  cepat dan memuaskan dalam membuat produk yang dipesan oleh klien (Caleg) sehingga tidak mengecewakan.

Berikut beberapa pelaku usaha yang menerima jasa maklon produk promosi Caleg.
  • Kaos Gaya
Alamat : Jl. Raya Pasar Minggu KM 18 Kav.1B Ruko 1C, Jakarta Selatan
Email   : kaosgaya@yahoo.com
Menerima cetak sablon kaos partai bahan polyester, pesan dalam skala besar hingga 1.000 pcs akan dikenakan biaya Rp5.000,- per satuan. Untuk selusin kaos sekitar Rp100.000,-
  • Binju Print2
Alamat : Cipayung Jakarta Timur
Biaya maklon untuk 1 meter stiker tanpa cutting Rp100.000,-. 1 meter plush cutting Rp150.000,-. Memakai kualitas print hi-re yang membuat kualitas semakin detail dan mantap. Bisa juga membuat stiker variasi dan cutting stiker.
  • CV Nada Group Jakarta
Alamat : Jl. Balai Pustaka Baru No.16, Rawamangun, Jakarta Timur.
Biaya maklon untuk stiker car branding sepanjang 1 meter bahan vynil Rp80.000,-. Stiker ukuran 8cm x 20cm sebanyak 16.000 lembar Rp6.000.000,-. Lamanya pengerjaan sekitar 3 sampai 5 hari tergantung tingkat kesulitan desain gambar. Harga lebih murah jika pesan dalam jumlah banyak.
  • PT. Cipta Citra Media
Alamat : Jl. Pramuka Raya No. 54, Jakarta Pusat
Email   : marketing@cipta-citra.com
Ongkos maklon untuk satu mobil berkisar antara Rp3.000.000,- hingga Rp5.000.000,-. Menerima pembuatan desain gambar dan menerima desain langsung jadi. Untuk membuat desain dikenakan biaya Rp500.000,- hingga Rp1.000.000,- tergantung dengan tingkat kesulitan.

Pemasaran

Dalam pemasaran produk promosi untuk Caleg ini bisa dengan menyebarkan brosur dilengkapi dengan tampilan contoh produk yang dibuat. Selain itu, mempromosikan melalui jalur online seperti website dan jejaring sosial juga dapat dilakukan.

Sumber : Peluang Usaha

Share/Bookmark

Artikel Terkait Ide Usaha

0 comments:

Posting Komentar

 
;