Sabtu, 20 Juli 2013

Awali Wirausaha Sejak Kuliah

Wirausaha
Banyak perguruan tinggi mulai menyadari, bahwa untuk menekan pengangguran dari banyaknya lulusan mahasiswa tidak dapat hanya menggantungkan dari peran pemerintah. Paradigma perguruan tinggi saat ini adalah mencetak lulusan yang tidak hanya siap kerja, namun juga mampu membuka lapangan pekerjaan. Oleh karena itu, mata kuliah kewirausahaan kini bukanlah menjadi hal yang baru. Orientasi lulusan sebagai pekerja pun bukan satu-satunya proyeksi perguruan tinggi dalam memandang masa depan mahasiswanya.

Hasil dari semangat kewirausahaan ini, tidak sedikit mahasiswa yang telah membuka usaha sejak kuliah dan telah mampu menggapai kesuksesan bahkan sebelum mereka lulus. Aksi pro aktif dari perguruan tinggi untuk mendukung mahasiswa yang berwirausaha tidak hanya dalam bentuk mata kuliah, tugas akhir yang berupa business plan atau inkubator bisnis. Namun juga memberikan kesempatan bagi para mahasiswanya untuk menjalani magang pada wirausahawan atau pengusaha. Dengan begitu, mahasiswa dapat mengetahui secara langsung aktivitas bisnis dari sosok yang telah berpengalaman.

Mahasiswa memang sosok generasi muda yang penuh semangat dan memiliki banyak ide kreatif. Usaha yang dirintis sejak masa kuliah juga memberikan prospek masa depan yang cerah. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh mahasiswa yang hendak memulai berwirausaha. Berikut ini di antaranya.

Menentukan Bisnis

Ide merupakan kunci pertama untuk mengawali sebuah bisnis. Buatlah sebuah bisnis usaha yang berbeda dari sebelumnya. Suatu produk jika memiliki nilai guna tinggi bagi kebutuhan masyarakat, tentunya akan banyak digemari.

Perhitungkan modal

Karena belum berpenghasilan sendiri, umumnya mahasiswa memiliki keterbatasan dana. Keterbatasan dana ini tidak boleh menjadi penghambat mahasiswa untuk memulai berwirausaha. Sistem penjualan yang berbasis MLM bisa menjadi ajang latihan mahasiswa untuk merintis bisnis.

Strategi promosi

Untuk memasarkan produk, mahasiswa dapat memulai menawarkannya kepada  teman, saudara, kerabat, atau lingkungan terdekat lainnya. Gali informasi tentang barang yang dibutuhkan oleh mereka.

Aplikasi tekhnologi

Dijaman sekarang untuk menawarkan barang dagangan tidak perlu menggunakan cara konvensional seperti datang dari rumah ke rumah. Aplikasikan tekhnologi dari internet untuk promosi dan menawarkan produk. Selain melalui jejaring sosial, untuk memasarkan produk juga dapat membuat situs sendiri.

Manajemen keuangan

Jika ingin usaha yang dijalankan memperoleh keuntungan, pemasukan atau hasil dari penjulan harus lebih besar dari pengeluaran atau biaya. Oleh sebab itu, arus keuangan harus diperhatikan. Selain itu, uang pribadi dan uang usaha harus dipisahkan agar tidak tercampur dalam penggunaannya.

Manajemen waktu

Kesulitan lain mahasiswa dalam merintis usaha adalah manajemen waktu. Kasus-kasus seorang mahasiswa yang lulus terlalu lama karena mampu berpenghasilan sendiri bukanlah hal yang mengejutkan. Untuk itu, sebaiknya mahasiswa tetap fokus pada kuliahnya dan lebih bijak dalam mengatur waktu antara menjalani kuliah dan menekuni usahanya.

Sumber : Kompas



Share/Bookmark

Artikel Terkait Wirausaha

0 comments:

Posting Komentar

 
;