Selasa, 28 Mei 2013

Tips Dari Andri, Si Miliarder Tambal Ban

Tambal Ban
Menjadi seorang wirausaha adalah suatu pilihan hidup. Dibutuhkan strategi dan perencanaan yang baik agar seorang wirausaha dapat mempertahankan kelangsungan bisnisnya. Oleh karena itu, seorang wirausaha dituntut untuk selalu kreatif dan berinovasi dalam menjalankannya.

Mungkin Anda pernah mendengar tentang wirausahawan muda yang mampu menjadi Miliarder dengan bisnis tambal bannya ?

Ia adalah Andri Firmansyah, berasal dari Surabaya yang merupakan lulusan Universitas Airlangga Surabaya dan pernah menerima penghargaan di bidang Jasa dan Perdagangan dari Wirausaha Mandiri.

Dia sudah memiliki berbagai usaha dari usaha tambal ban hingga ekspor ikan yang beromzet hingga miliaran rupiah.

Berikut beberapa tips dari Andri agar berhasil dalam berwirausaha :
  • Menghilangkan gengsi

Tidak perlu malu dan takut dalam menjalankan usaha yang kelihatannya sepele. Karena bisnis atau pekerjaan yang dilakukan pasti akan memberikan pengalaman mulai dari cara mengatur keuangan dan trik-trik bisnis. 

Andri mengaku sebelum menjadi sukses seperti sekarang dirinya pernah menjadi seorang sales roti.
  • Jangan mudah menyerah dan merasa minder

Setelah berhenti menjual roti karena tidak laku, Andri pun mencoba menjalankan bisnis Multi Level Marketing atau MLM.

"Saya juga pernah ikut MLM dan di situ saya belajar berbicara di depan orang dan Alhamdulillah setelah dua tahun gagal lagi," katanya sambil bercanda.

Kegagalan ketiga yang dialami Andri dari bisnis penjualan ikan segar di pasar. Titik balik dari beberapa kegagalan yang dialami Andri datang setelah ia tiga bulan berjualan ikan.

"Setelah tiga bulan akhirnya saya berhasil ekspor ikan ke Singapura dan Malaysia, itu titik balik saya, "kata dia.

Setelah berhasil dalam bisnis ikan, dia mulai kembangkan dengan membuka bisnis toko elektronik dan menciptakan tambal ban otomatis.

Dia mengaku kini telah memilki dealer toko elektronik di 30 kota di Indonesia, termasuk produk tambal ban otomatis. "Saya jual di dealer saya. Sebagian saya tawarkan kepada agen-agen yang berminat," terang Andri.

Seluruh bisnis yang dijalaninya saat ini sudah beromzet miliaran rupiah. Dari bisnis tambal ban saja, dia sudah meraup pendapatan Rp 1 miliar per tahun. Intinya, jangan pernah menyerah.

"Kalau kita gagal tiga kali, kita coba lagi yang ke empat, kalau yang keempat kita gagal lagi, coba lagi yang kelima, dan seterusnya, saya yakin salah satu siantaranya pasti ada kesuksesan disitu," imbuhnya.
  • Menjaga semangat berwirausaha ditengah persaingan

Andri mengaku ada dua hal yang selalu menjadi prinsipnya, yaitu tentang visi dan alasan. Visi itu tujuan, apapun yang terjadi, dirinya harus mencapai tujuan itu. Alasan adalah mengapa Anda harus mempertahankan tujuan itu.

Kompetisi dalam berwirausaha itu pasti ada, tinggal bagaimana memanfaatkan ketatnya persaingan tersebut.

"Banyak orang berpikiran kalau kompetisi sudah bnyak pasti peluang usahanya tidak ada, ada fenomena setiap tahun pasti ada brand baru muncul. Apapun produk yang kita tawarkan pasti ada celahnya, kita bikin berbeda dengan yang lain,"unkapnya.
  • Transformasikan ide ke dalam sebuah perencanaan

"Sebuah tujuan tanpa perencanaan hanya akan menjadi harapan." 
Antoine de Saint-Exupery (1900 –1944)
 
Seperti ungakapan diatas, ini merupakan kunci penting dari semua tips yang diberikannya. Banyak orang yang memliki ide, tapi tidak mentransformasikannya ke dalam perencanaan sehingga tak juga memulai bisnis. Jika rencana bisnis sudah dibuat dengan matang, maka segeralah dilaksanakan.

Sumber : Liputan6.com

Share/Bookmark

Artikel Terkait Wirausaha

0 comments:

Posting Komentar

 
;