Rabu, 27 Maret 2013

Tips Toko Online

Toko Online
Berdasarkan riset yang dilakukan oleh MarkPlus Insight, di tahun 2011 jumlah pengguna internet di Indonesia mengalami peningkatan sebesar 40-45 persen. Jumlah ini mengalami peningkatan sebesar 10-15 persen dari tahun 2010. Sehubungan dengan hal ini, para pebisnis mulai mencari peluang untuk menawarkan produknya melalui toko online.

Website yang menjadi fungsi seperti toko memudahkan konsumen untuk melakukan transaksi jual beli produk. Konsumen pun dengan mudah melakukan pembayaran atas produk yang dibelinya karena adanya kemudahan pembayaran melalui rekening bank. Sementara itu, produk yang dipesan akan langsung dikirim ke rumah. Sejumlah pebisnis pun mulai menawarkan pakaian dan aksesoris.
Bagi anda yang ingin menekuni toko online, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan :
  • Kelengkapan informasi

Untuk meningkatkan kredibilitas website, berikan informasi produk selengkap mungkin agar konsumen percaya. Informasi yang minim membuat konsumen enggan untuk membeli produk dari website anda. Selain itu gunakan produk dengan foto asli. Cantumkan pula alamat e-mail, jejaring sosial, dan nomor telephone yang dapat dihubungi. Perbarui konten website anda secara rutin dan promosikan juga melalui jejaring sosial.
  • Responsif

Terjun bisnis di media online dituntut untuk lebih interaktif  dan responsif terhadap konsumen. Konsumen cenderung   mencari informasi dengan detail dan tidak ingin mengahabiskan waktu lama untuk mendapatkannya. Oleh karena itu, siapkanlah mental dan fisik anda untuk merespon permintaan konsumen selama 24 jam non-stop.
  • Proses transaksi

Hal lain yang tidak kalah penting adalah kemudahan dalam proses pembayaran. Anda dapat menggunakan rekening bank yang sering digunakan oleh konsumen. Gunakanlah rekening bank lebih dari satu untuk kemudahan pembayaran bagi konsumen.
  • Kualitas pelayanan

Kualitas pelayanan yang berkualitas dari toko online adalah pengiriman barang yang tepat waktu. Dengan menunjukkan pelayanan yang baik, konsumen akan mempercayai toko online anda. Jangan mudah terpancing untuk bersaing dengan menawarkan produk yang murah tetapi meninggalkan kualitas. Kualitas produk masih menjadi prioritas konsumen, khususnya transaksi toko online.
Sumber : Kompas

Share/Bookmark

Artikel Terkait Wirausaha

0 comments:

Posting Komentar

 
;