Minggu, 24 Maret 2013

SEO (Search Engine Optimization)

SEO (Search Engine Optimization)
SEO – Di dunia internet marketing kita sering kali mendengar kata SEO. Apakah definisi SEO itu sendiri ? SEO merupakan kependekan dari Search Engine Optimization. SEO adalah upaya agar situs web kita mampu mendapatkan ranking di urutan paling atas atau halaman pertama oleh search engine dengan pencarian berdasarkan suatu kata kunci/keyword.

Secara logika, situs web yang memiliki SEO yang baik akan berada diurutan paling atas atau halaman pertama dan memiliki peluang untuk memperoleh pengunjung yang paling banyak.

Agar situs web kita memiliki SEO yang berkualitas kita dapat melakukan 2 hal, yaitu :
1. Optimisasi didalam situs (On-page optimization)
  • Optimisasi didalam situs dapat terjadi apabila ada satu kesatuan kata kunci/keyword di dalam meta tags dan konten situs web kita. Proporsi kata kunci di dalam konten situs kita adalah 3 – 8 % dari artikel keseluruhan dan tersebar secara merata di seluruh artikel.
  • Kata kunci nge-link ke konten lain di situs kita sendiri (internal linking).
  • Pastikan situs kita tidak nge-link ke situs lain.
  • Buat 5 artikel saling berhubungan satu sama lain didalam situs kita.
2. Optimisasi diluar situs (OFF-page optimization)
Ini dapat kita lakukan dengan memperbanyak backlinks ke situs web kita. Backlinks adalah link situs lain yang mengarah ke situs kita. Situs yang memiliki konten yang baik dan bermanfaat secara natural juga dapat memiliki backlinks yang banyak. Contohnya adalah Wikipedia.Jika hal ini terjadi, maka secara otomatis situs tersebut memiliki ranking tinggi di mata search engine.

Share/Bookmark

Artikel Terkait Bisnis Online

0 comments:

Posting Komentar

 
;