Kamis, 21 Maret 2013

Saatnya Memulai Bisnis Online

Bisnis Online
Semakin banyaknya pengguna internet di era modern saat ini, menjadikan bisnis online sangat menjanjikan. Bisnis online, selain modal awalnya yang minim, waktu yang kita gunakan sangat leluasa dan target market nya sangat jelas.

Internet sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan modern seperti sekarang ini. Melewatkan waktu menggunakan internet akan seperti ada yang kurang. Hal ini bukan karena urusan pekerjaan saja, namun sudah menjadi bagian dari kehidupan sosial dan ekonomi di masyarakat kita.

Penyebab makin banyaknya penggunaan internet adalah booming-nya situs jejaring sosial.
Memang ada benarnya, sebagian besar orang mengakses internet untuk membuka situs jejaring sosial. Namun fakta lain juga menunjukkan bahwa banyak orang sudah mulai sadar untuk melakukan bisnis online.

Selain memiliki pasar yang jelas, untuk memulai bisnis online membutuhkan modal relatif kecil daripada kita membuka toko ritel.
Alasan utama bisnis online adalah
  • Memiliki keleluasaan waktu.
Sebagai manusia, kita ingin memiliki keleluasan waktu. Dengan bisnis online kita bisa mengatur waktu bekerja kita sendiri. Kita bisa memulainya dari jam 7 pagi, jam 10 pagi, jam 2 siang,,,,, atau jam 8 malam. Semuanya bebas sesuai keinginan kita.
  • Tidak memerlukan modal yang besar.
Mengawali bisnis online tidak memerlukan modal biaya yang besar. Kita hanya perlu menyiapkan seperangkat komputer dan koneksi internet. Coba bandingkan jika kita berbisnis offline. Untuk membuka toko ritel misalnya, kita memerlukan biaya yang tidak sedikit untuk menyewa tempat yang kita jadikan toko. Sedangkan hasilnya belum tentu akan menguntungkan bagi bisnis kita.
  • Segmen pasar jelas dan hasil yang cepat.
Dengan bisnis online, kita bisa mengetahui secara pasti berapa jumlah pencarian masyarakat terhadap suatu produk sehingga langsung mengena sasaran. Jadi hasil yang diperoleh pun cepat dan tidak perlu waktu yang lama.
  • Tidak dibatasi oleh ruang dan wilayah.
Internet dapat kita akses dimanapun kita berada selama ada komputer dan akses internet. Dengan memiliki bisnis online, kita bisa bepergian keberbagai tempat tanpa kita takut tidak bisa mengontrol bisnis kita. Bahkan, kita bisa mengendalikan bisnis kita sambil melakukan liburan bersama keluarga.
  • Berjalan otomatis.
Keunggulan bisnis online dibandingkan dengan bisnis offline adalah bisnis online bisa berjalan otomatis. Dengan memiliki bisnis online, bisnis kita bisa berkerja 24 jam 7 hari setiap minggunya. Bandingkan dengan bisnis offline yang hanya bekerja 8 jam per hari, 6 hari setiap minggunya. Jadi kita tidak perlu melakukannya secara manual dan bisnis internet pun bekerja dengan sendirinya untuk kita.

Selain beberapa alasan diatas, hal utama yang perlu diperhatikan dalam menjalankan bisnis online adalah konsisten dan mampu menjaga kepercayaan. Meskipun hasil akhir merupakan tujuan terakhir, proses untuk mencapainya tidak boleh diabaikan. Sebab, sebuah kesan negatif bisa menghasilkan dampak buruk bagi bisnis online anda.

Nah,,, apakah anda ingin memulai bisnis online ?

Share/Bookmark

Artikel Terkait Ide Usaha

0 comments:

Posting Komentar

 
;