Kamis, 21 Maret 2013

Potensi Indonesia Menjadi Negara Maju

Potensi Indonesia Menjadi Negara Maju
Negara maju adalah negara yang memiliki minimal 2 persen masyarakat yang menjadi wirausaha dari jumlah seluruh penduduknya. Alasannya adalah wirausaha merupakan tulang punggung perekonomian nasional, khususnya ketika perekonomian sedang tidak stabil atau pada saat krisis ekonomi.

Menurut data dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans), jumlah penduduk Indonesia yang menjadi pengusaha hanya sebanyak 2,38 juta atau hanya sekitar 0,18 persen dari jumlah penduduk. Idealnya, jika jumlah penduduk Indonesia sebanyak 238  juta maka jumlah pengusahanya adalah 4,76 juta penduduk.

"Wirausaha menjadi salah satu pilar ekonomi nasional yang tangguh menghadapi krisis ekonomi global sekaligus solusi mengurangi kemiskinan serta menyerap pengangguran," komentar Menakertrans Muhaimin Iskandar.

Pengusaha memiliki andil besar dalam menggerakkan perekonomian nasional. Pengusaha yang mengekspor produk dan yang mengimpor bahan baku akan menggerakkan perekonomian. Dengan bergeraknya perekonomian, secara otomatis akan menyerap banyak tenaga kerja dan mengurangi kemiskinan.

Karena itulah, banyak sedikitnya jumlah pengusaha di suatu negara sangat berpengaruh terhadap maju tidaknya suatu negara tersebut.

Untuk memperbanyak jumlah pengusaha di Indonesia, pemerintah pun tidak tinggal diam. Pemerintah telah mengadakan berbagai program untuk meningkatkan jumlah pengusaha diantaranya adalah bantuan modal dan pemasaran bagi pengusaha baru yang berskala kecil.

Bantuan modal, diberikan pemerintah lewat skema dana bergulir maupun Kredit Usaha Rakyat (KUR). Sedangkan di bidang pemasaran, pemerintah sering mengadakan pameran dan bahkan galeri khusus UMKM milik Kementerian Koperasi dan UMKM di Gedung Smesco.

“Indonesia masih defisit pengusaha. Jumlah pengusaha Indonesia saat ini hanya satu persen, negara maju bahkan sudah lima persen. Paling tidak kita butuh empat persen lagi karena Indonesia akan menjadi 10 negara terbesar di dunia. Kita perlu mengejar ketertinggalan ini dengan memberi rangsangan kepada pengusaha baru," ujar Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa.

Kalangan perbankan juga tidak pasif menunggu pengajuan bantuan pembiayaan. Beberapa bank terkemuka di Indonesia juga telah mengadakan program tahunan yang menarik bagi tumbuh kembangnya pengusaha baru di Indonesia. Program tersebut adalah Wirausaha Muda Mandiri dari Bank Mandiri dan Danamon Awards dari Bank Danamon.

Cerita-cerita pengusaha sukses juga seringkali menularkan virus wirausaha kepada masyarakat. Salah satu diantaranya adalah Purdi E Chandra sebagai pemilik waralaba pendidikan Primagama.

Dengan cara ini, akan ada semakin banyak masyarakat Indonesia yang terjun menjadi pengusaha. Beberapa orang bahkan telah memutuskan keluar dari pekerjaannya dan kemudian memilih berkonsentrasi mengembangkan bisnis usahanya. Dengan demikian, cepat atau lambat, seiring dengan kondusifnya iklim berwirausaha yang diberikan oleh pemerintah, dukungan dan rangsangan dari semua stakeholder, dan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang menanjak, menjadikan Indonesia menjadi negara maju pasti akan segera terwujud.

Kita Pasti Bisa,,,,  ^_^

Sumber : Okezone

Share/Bookmark

Artikel Terkait Berita

0 comments:

Posting Komentar

 
;