Kamis, 21 Maret 2013

Indonesia Masih Butuh 4,76 Wirausaha

Indonesia Masih Butuh Wirausaha
Wirausaha dapat menjadi solusi bagi pengangguran yang terjadi di Indonesia. Namun, untuk saat ini jumlah wirausaha di negara kita masih kurang untuk mencukupi hal itu.

"Idealnya, Indonesia masih membutuhkan 4,76 juta wirausahawan atau sekitar dua persen dari seluruh penduduk untuk mencapai kondisi ideal. Sayangnya, Penduduk Indonesia yang berprofesi sebagai wirausahawan masih terbilang minim dan terbatas, baru mencapai 0,18 persen dari total 238 juta penduduk Indonesia," kata Menakertrans Muhaimin Iskandar di Kantor Kemnakertrans, Jakarta, Senin (25/2/2013).
Oleh karena itu, pemerintah membuat program-program yang mampu meningkatkan jumlah wirausaha baru, mengembangkan wirausaha yang telah ada, dan pendampingan.
Dalam mengembangkan program tersebut, pemerintah menjalin kerjasama dengan Ciputra, Asian Productivity Organization (APO), ILO, Kadin, Apindo, PJI, Iwapi, Hipmi, dan Rhenald Kasali.

Menakertrans Muhaimin Iskandar mengatakan, program unggulan yang dikembangkan dalam pembinaan kewirausahaan meliputi pelatihan usaha mandiri pelatihan teknis dan manajerial tenaga kerja, padat karya produktif, pemagangan, teknologi tepat guna dan  pendampingan serta pelatihan lainnya yang disesuaikan dengan minat, bakat, dan potensi masyarakat.

"Sasaran kelompok masyarakat yang menjadi calon grup kewirausahaan adalah penganggur/masyarakat miskin di pedesaan, penganggur terdidik di perkotaan, calon TKI, TKI dan formal dan transmigran/calon transmigran," kata Muhaimin.

Dijelaskan Muhaimin, untuk menambah keterampilan kerja, lembaga-lembaga pendidikan dapat mengembangkan kerja sama dengan Balai Latihan Kerja, terutama mengembangkan program keterampilan untuk mendukung wirausaha baru.

"Dengan semangat kewirausahaan yang inovatif, kreatif, dan berdaya saing, para pelaku wirausaha ini menjadi ujung tombak sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan koperasi yang mampu menciptakan lapangan kerja baru," pungkasnya.

Sumber : Okezone.com

Share/Bookmark

Artikel Terkait Berita

0 comments:

Posting Komentar

 
;