Kamis, 21 Maret 2013

Bisnis Online, Cawan Tumbuhnya Pengusaha Baru

Bisnis Online
Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal dua  mencapai 6,4 persen. Angka ini merupakan sebuah prestasi yang membanggakan ditengah ketidakpastian perekonomian global seperti saat sekarang ini.

Pemerintah sangat yakin, akan adanya peningkatan perekonomian yang disebabkan oleh meningkatnya konsumsi yang dilakukan oleh masyarakat kelas menengah yang kemudian menciptakan banyaknya peluang bisnis.


Peluang bisnis ini sudah terlihat dari menjamurnya usaha bisnis online shop seiring dengan kemajuan teknologi. Bisnis ini memang mudah dan murah. Mudah, karena bila usaha biasa memerlukan toko dan yang lainnya, namun bisnis ini tidak. Cukup memajang produk-produk yang kita tawarkan di website atau jejaring sosial yang kita ikuti. Murah, karena kita tidak perlu menyiapkan modal besar untuk memulai usaha ini.

Dirjen Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian Euis Saedah mengamini besarnya potensi industri skala mikro yang dikendalikan melalui internet ini. Meskipun tidak memiliki data yang pasti tentang berapa pelaku usaha online shop, Euis menyebut cara ini menjadi semacam jalan keluar bagi perkembangan UMKM nasional.

"Selama ini mereka (UMKM) kan terkendala pemasaran, kalau pakai internet ini masih gratis, jadi mereka bisa memasarkan produk mereka," ungkap Euis.

Bahkan, pemerintah mengaku akan berkerjasama dengan perusahaan IT terkemuka dunia, Google. Euis menyebut, pemerintah telah menyambut baik ajakan Google untuk membuat situs khusus yang akan membantu pengusaha UMKM memasarkan usahanya.

"Saya sudah membalas surat ajakan Google tersebut dan kita menyambut baik. Meskipun kita belum tahu kapan proyek ini terrealisasi, tetapi kita yakin bahwa banyak pihak akan terlibat dalam agenda ini seperti Kemenperin, Kemendag, Kemenkop UKM, dan lainnya," tambah dia.

Dengan demikian, masyarakat yang sebelumnya menggunakan computer hanya untuk bermain jejaring sosial akan menggunakan juga untuk berbisnis online. Dan pada akhirnya, akan ada semakin banyak masyarakat Indonesia yang menjadi pengusaha.

Sumber : Okezone

Share/Bookmark

Artikel Terkait Berita

0 comments:

Posting Komentar

 
;