Minggu, 24 Maret 2013

Affiliate

Affiliate  - Affiliate atau affiliate marketing merupakan salah satu sumber penghasilan bisnis internet. Seseorang disebut affiliate marketing apabila orang tersebut memasarkan produk/jasa orang lain. Affiliate marketing akan memperoleh komisi apabila ia mampu menjualkan produk/jasa orang lain.
Sedangkan orang yang memberikan komisi kepada affiliate marketing disebut merchant atau affiliate merchant. Komisi yang diberikan kepada affiliate marketing bisa mencapai 75% dari setiap produk yang dipasarkan. Besarnya komisi ini bervariasi, tergantung dari jenis produk yang dijual dan dari penawaran komisi yang diberikan oleh affiliate merchant tersebut. Beberapa affiliate merchant yang banyak digunakan adalah Clickbank, Amazon, MaxBounty, FineClicks, dsb.

Progam affiliate sangat disarankan bagi seorang pemula dan internet marketing yang tidak memiliki produk sendiri karena mudah untuk dilakukan dan lebih cepat menghasilkan daripada model bisnis internet yang lain. Disamping itu, menjadi affiliate marketing sangat rendah resikonya.

Untuk memudahkan pengertian diatas, coba teman-teman pahami ilustrasi dibawah ini :
Affiliate

Misalnya kita menemukan sebuah produk yang ingin kita jual. Setelah kita lihat, ternyata produk tersebut menawarkan progam affiliate dan memberikan penawaran komisi 50% untuk setiap penjualan yang kita hasilkan.

Kita kemudian mendaftarkan diri di progam affiliate tersebut dan mengisi form yang berisikan data mengenai nama, alamat lengkap, nama penerima cek (untuk komisi), email, no telp, dsb.

Kita juga diminta untuk membaca affiliate agreement. Affiliate agreement adalah sebuah dokumen legal yang mengikat kita dengan affiliate merchant. Setelah kita menyatakan bersedia untuk mematuhi affiliate agreement, kemudian affiliate merchant memberikan kita sebuah “affiliate link” untuk kita promosikan.

Untuk mempromosikan affiliate link tersebut, kita dapat menempatkannya di halaman website kita dengan harapan ada orang yang meng-klik dan melakukan pembelian untuk produk yang kita tawarkan tersebut.

Nahh,, pada waktu orang mengklik affiliate link dan melakukan pembelian, maka kita mendapatkan komisi dari affiliate merchant untuk penjualan produk tersebut.

Share/Bookmark

Artikel Terkait Bisnis Online

0 comments:

Posting Komentar

 
;